Monday, 13 May 2013

KUMPULAN SOAL SOAL BIOLOGI MATERI PERSILANGAN MONOHIBRID







1.      Proses penyilangan antara dua individu yang memiliki satu sifat beda disebut…
a.       Monohibrid
b.      Dihibrid
c.       Dominan
d.      Epistasis
e.       Fenotipe
2.      Rasio fenotipe dari hasil persilangan monhibrid adalah…
a.       3;1
b.      2;2
c.       1;3
d.      4;0
e.       2;1;1
3.      Persilangan bunga berwarna merah (MM) dengan bunga berwarna putih (mm) yang muncul 100% bergenotipe Mm. M bersifat kodominan terhadap m sehingga fenotipe yang muncul pada F1 100% berwarna merah muda. Jika tanaman merah muda disilangkan dengan sesamanya maka genotipe persilangannya adalah…
a.       MM x MM
b.      MM x mm
c.       Mm x Mm
d.      Mm x mm
e.       Mm x mm
4.      Berdasarkan soal No 3 diatas rasio genotipe F2 yang muncul adalah..
a.       1MM ; 2Mm ; 1mm
b.      3MM ; 1mm
c.       3Mm ; 1mm
d.      2Mm ; 2Mm
e.       3MM ; 1 MM
5.      Berdasarkan soal No 3 diatas rasio fenotipe F2 yang muncul adalah…
a.       2 Merah ; 1 merah muda ; putih
b.      1 merah ; 2 merah muda ; 1 putih
c.       2 merah ; 2 putih
d.      2 merah ; 2 merah muda
e.       3 merah ; 1 putih
6.      Persilangan yang melibatkan dua sifat beda dinamakan..
a.       Dihibrid
b.      Trihibrid
c.       Monohibrid
d.      2 Genotipe
e.       2 Fenotipe
7.      Jika tanaman ercis berbiji bulat kuning (BBKK) dengan ercis biji kisut hijau (bbkk) dihasilkan 100% biji bulat dan kuning pada keturunan F1 dengan gamet…
a.       BBKK
b.      Bbkk
c.       BkKk
d.      bbKK
e.       BBkk
8.      Berdasarkan soal No 7 jika gamet pada F1 disilangkan dengan sesamanya maka macam gamet yang diperoleh sebanyak…
a.       1
b.      2
c.       3
d.      4
e.       5
9.      Rumus untuk menentukan sifat beda pada persilangan adalah…
a.       2n
b.      N2
c.       22n
d.      2nn
e.       2nn
10.  Berdasarkan soal no 7 rasio fenotipe F2 yang dihasikan adalah…
a.       9 ; 3 ; 3 ; 1
b.      12 ; 3 ; 1
c.       15 ; 1
d.      9 ; 3 ; 4
e.       9 ; 6 ; 1












No comments:

Post a Comment